ATURAN CD DAN VIDEO KARYA AKHIR

Tanggal postingan: Feb 13, 2020 4:12:10 AM

Untuk mempermudah mahasiswa tingkat akhir dan keseragaman, maka program studi sistem komputer menerbitkan aturan CD (Compact Disc) dan Video karya akhir mahasiswa. Detail aturan dapat di lihat sebagai berikut:

Download detail aturan

A.    DIREKTORI CD KARYA AKHIR

 

B.     VIDEO KARYA AKHIR

Ketentuan isi

1.      Video terdiri dari bagian intro dan bagian demo keseluruhan.

2.      Bagian cover mencantumkan judul karya akhir/skripsi

3.      Bagian isi mencantumkan intro:

Video harus menggambarkan masalah yang diselesaikan; menjelaskan gambaran umum dari hasil kajian (jasa atau produk) atau bentuk & fungsionalitas produk karya akhir yang menjadi solusi atas masalah yang dihadapi.

4.      Bagian isi mencantumkan demo keseluruhan:

Video harus menyajikan bagaimana penggunaan produk oleh pengguna menjelaskan step by step cara menggunakan produk karya akhir); atau Menampilkan bentuk fisik produk atau simulasi layanan atau hasil kajian dalam rekaman.

5.      Bagian penutup/credit title mencantumkan Nama mahasiswa, NIM mahasiswa, email mahasiswa, nama pembimbing 1 dan nama pembimbing 2. Nama Program Studi S1 Sistem Komputer, , dan STMIK AUB SURAKARTA.

6.      Logo STMIK AUB Surakarta diletakkan pada setiap frame video.

Ketentuan Teknis

1.      Video display resolutions: 720p (High Definition)

2.      Aspek Rasio: ’16:9

3.      Tipe file: mp4

4.      Posisi Pengambilan: Landscape

5.      Teknis:

6.      Pemaparan dapat menggunakan presentation tools disertai dengan suara, dapat juga menggunakan animasi, gambar, grafik atau konten multimedia lainnya.

7.      Pemaparan dapat merekam orang dengan bidang pandang (Field Of View): Medium Close Up (dari atas kepala hingga dada) hingga Full Shot (Seluruh Badan)

8.      Demonstrasi Perangkat lunak diperbolehkan untuk dijalankan menggunakan emulator lalu direkam menggunakan perangkat lunak screen recording seperti camstudio, camtasia dan semacamnya

9.      Demonstrasi perangkat lunak/alat/produk diperbolehkan menggunakan device asli sehingga perekaman dilakukan dengan menggunakan kamera

10.   Demonstrasi dapat menggunakan backsound musik instrumental, dengan catatan tidak melanggar hak cipta dan wajib mencantumkan judul lagu dan ciptaan pada bagian credit title.

11.   Gunakan volume suara backsound lebih rendah dari suara penjelasan.

12.   Identitas Pengembang dan Lembaga:

13.   Bagian Pembukaan: Identitas produk/karya, identitas tim/nama penyusun dan logo/Nama Program Studi, dan STMIK AUB SURAKARTA.

14.   Logo STMIK AUB diletakkan pada setiap frame video dikanan atas frame dengan ukuran proporsional.

15.   Bagian Closing credits: anggota tim dan posisi sbg apa di tim (programmer, analis, developer, content, dll), alamat portofolio masing-masing anggota. Mis : blog, fb, email, Nama Supervisor / Dosen Pembimbing, persembahan, sponsor dan logo/Nama Program Studi, dan STMIK AUB SURAKARTA.

16.   Durasi maksimal 15 menit,

5 detik Bagian Pembukaan,

±2-2.5 menit promo jasa atau produk,

±10-12 menit demo,

5-10 detik Bagian Closing credits.

17.   Untuk melihat contoh video Intro bisa di buka link dibawah ini :

https://www.youtube.com/watch?v=q-NQS3vERf4

https://www.youtube.com/watch?v=jV0a280Yt4I

Sedangkan untuk melihat video demo bisa di buka link dibawah ini :

https://www.youtube.com/watch?v=ASOsGzDywXI